Thursday, May 14, 2009

Komponen Utama Sebuah Komputer

1. Central Processing Unit (CPU) :

Merupakan sebuah mikroprosesor yang berfungsi sebagai “otak” dari sistem komputer. Semua kegiatan dan proses yang dilakukan komputer dikendalikan oleh CPU.

2. Memory :

Merupakan media penyimpan data elektronik. Memori langsung berhubungan dengan mikroprosesor. Jenis memory yaitu : RAM dan ROM

3. Motherboard :

Merupakan circuit board utama di mana semua komponen internal saling terhubung. Komponen/sistem yang lain seringkali juga langsung terintegrasi di dalamnya atau terkoneksi dengan interface.

4. Harddisk :

Media magnetik penyimpan data permanen berkapasitas besar, baik untuk program atau data yang lain.

5. Sistem Operasi :

Software dasar yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna mustahil bisa “menggunakan” komputer.

6. IDE Controller (Integrated Device Electronics) :

Merupakan interface untuk pengendalian hard drive, CD-ROM drive, dan floppy disk drive.

7. Power Supply :

Sumber daya untuk mencatu seluruh sub-sistem komputer.

8. Bus PCI ( Peripheral Component Interconnect ) :

Slot di motherboard yang digunakan untuk menghubungkan komponen tambahan ke komputer. Bus adalah jalur data yang ada di dalam motherboard.

9. SCSI (Small/Simple Computer System Interface) :

Interface untuk menambahkan peranti dari luar, seperti scanner, hard drive, CDROM drive, dlsb. ke dalam komputer. Tidak semua peranti luar memiliki fasilitas SCSI.

10. Kartu Grafik (Graphics Card) :

Kartu yang bekerja menterjemahkan data citra dari komputer ke sebuah format tertentu sehingga bisa di tayangkan di layar monitor.

11. AGP (Accelerated Graphics Port) :

Interface berkecepatan sangat tinggi yang digunakan untuk menghubungkan kartu grafik dengan komputer. Berfungsi untuk meningkatkan kualitas tayangan grafis, misalnya untuk tayangan 3D.

12. Kartu Suara (Sound Card ) :

Kartu yang berfungsi untuk merekam atau memainkan rekaman audio, dan membunyikan informasi audio. Kartu ini bekerja atas dasar pengubahan data digital ke analog atau sebaliknya (D/A atau A/D converter).

No comments:

Post a Comment